SABPOLO LURES: PREDATOR & COMBAT

Rabu, 28 Desember 2011




Sabpolo Lures adalah umpan made in Taiwan yang dirancang dan direkayasa oleh tim Jepang profesional. Sabpolo lures dengan mata kail VMC  menghasilkan aksi yang handal, , bentuk dan warna yang benar-benar seimbang dan brilian untuk memberikan sebuah jaminan kesuksesan dalam memancing. Hasil  Kualitas kinerja yang tinggi ini dibuktikan dengan teknologi  Jepang. Tersedia tipe Combat dan Predator.
Sabpolo lures Combat dan Predator bisa anda beli di 

Toko Pancing Tokonoma RG
Jl. Raya Kartini No. 116 Sidomoro Gresik, 
telp. 031-71567546 atau 085733914614
READ MORE - SABPOLO LURES: PREDATOR & COMBAT

PIONEER FIERY FI-8000 REEL GAGAH NAN KUAT

Selasa, 27 Desember 2011





Reel yang memiliki kesan gagah dan kuat dengan harga ekonomis, itulah yang pantas disematkan untuk produk reel dari Pioneer tackles ini.
Dengan gear ratio 4:1:1 dan 4 ball bearing yang sudah presisi membuat pioneer Fiery serasa nyata kekuatannya.
Sistem perputaran rotornya yang sudah dirancang dengan teknologi komputer sehingga menghasilkan perputaran yang sangat mulus, semulus bodi hitamnya yang kokoh dan spool serta handle-nya yang terbuat dari bahan aluminium.
READ MORE - PIONEER FIERY FI-8000 REEL GAGAH NAN KUAT

NGONCER JENG RIRI



Ngoncer merupakan teknik yang paling banyak dipakai untuk mancing ikan tenggiri. Jenis umpan yang biasa dipakai untuk ngoncer biasanya ikan hidup, seperti tembang, selar atau como. 
Biasanya trip mancing tenggiri diawali dengan terlebih dahulu memancing ikan umpan dengan rangkaian pancing kotrek yang bermata kail banyak. Ikan umpan yang paling pas untuk ngoncer tenggiri umumnya berukuran sejengkal tangan. Ikan umpan yang didapat, dikumpulkan dan dipelihara di tampungan umpan yang memiliki pompa sirkulasi agar tetap hidup dan gesit gerakannya. Apabila tidak ada tempat penyimpanan umpan hidup bisa juga disiasati dengan  memakai keranjang yang diikatkan ke perahu sehingga ikan umpan bebas hidup.
READ MORE - NGONCER JENG RIRI

Ikan Tenggiri

Senin, 26 Desember 2011


Tenggiri adalah nama umum untuk sekelompok ikan  yang tergolong ke dalam marga Scomberomorus, suku Scombridae. Ikan ini merupakan kerabat dekat dari ikan tuna, madidihang, dan kembung. Di perairan Indonesia yang termasuk dalam kategori lautan tropis, spesies  tenggiri yang banyak ditemukan adalah tenggiri laki, tenggiri fajar atau wahoo (Acanthocybium solandri) dan juga tenggiri Melayu atau Scomberomorus commerson, yang merupakan spesies terbesar, yang dapat mencapai panjang 220cm.
Ikan tenggiri bertubuh memanjang  dan pipih pada kedua sisinya. Tubuhnya tertutupi sisik kecil dan tipis, dengan warna hijau kebiru-biruan di bagian punggungnya. Moncong ikan tenggiri berbentuk runcing, dengan mulut lebar dan gigi tajam dan kuat di rahang atas maupun bawah. Panjang moncong lebih pendek daripada sisi kepala bagian belakang.
Habitat Ikan Tenggiri
Tenggiri kecil biasanya ditemukan disekitar pulau karang yang kedalamannya hanya beberapa meter. Sedangkan yang lebih besar, biasanya terdapat di daerah sekitar tebing karang dan tubiran, serta daerah dimana sering terdapat tali arus dan bukit di bawah laut (tandes) yang kedalamannya berkisar 50-70m.
Ikan Tenggiri merupakan ikan pelagis yang gemar memangsa ikan lain yang berukuran lebih kecil, tetapi juga kerap menyambar ikan lain yang berukuran lebih besar, dengan terlebih dahulu memotong tubuh mangsanya menjadi dua.
Musim untuk memancing tenggiri umumnya ditandai dengan ledakan populasi ikan-ikan umpan di perairan sekitar lokasi mancing.

Sumber Artikel:
3.Majalah mancing edisi 31/2010, hal 50-51, tips & tehnik.  


READ MORE - Ikan Tenggiri

TIPS MEMBUAT UMPAN ACI

Sabtu, 24 Desember 2011


Di beberapa kolam galatama terkadang jenis umpan dibatasi yakni hanya dibolehkan memakai umpan aci saja. Umpan ini fisiknya akan sulit luruh karena bersifat kenyal seperti lem, sehingga yang bisa kita harapkan hanyalah penyebaran aroma ( atraktan ) di dalam air, yang dapat mengundang ikan tombro untuk memakan umpan. Tetapi keterbatasan ini tidak berarti kita tidak bisa menggunakan bahan-bahan yang mengandung zat apetiser dan tranquilizer sebagai bahan ramuan umpan. Kita tetap bisa menggunakan bahan-bahan yang memiliki zat-zat tersebut (lihat pembahasan mengenai bahan-bahan yang mengandung zat apetiser dan r tranquilizer).
READ MORE - TIPS MEMBUAT UMPAN ACI

STRUKTUR UMPAN SERI 3 - PENDISPERSI


To disperse artinya menyebarkan, ini juga salah satu yang penting yang harus ada dalam umpan. Pendispersi bertugas untuk menyebarkan segala yang ada di umpan dalam air. Bagaimana ikan mas mau mencari umpan kita, apabila zat ini tidak terkandung dalam salah satu bahan umpan yang kita pakai? paling-paling kita hanya dapat ikan yang kebetulan lewat sebab umpan tidak bisa mengundang ikan.
Mekanisme pendispersi ini terjadi melalui beberapa cara:
READ MORE - STRUKTUR UMPAN SERI 3 - PENDISPERSI

STRUKTUR UMPAN SERI 2 - TRANQUILIZER


Zat yang bisa mempengaruhi urat saraf untuk ikan tombro bisa didapatkan dari bahan-bahan berikut ini :
- Asam butirat. Asam butirat itu golongan asam lemak yang baunya 'tengik'. Bisa didapat dari butter (yang top merk Weisjman), keju ( makin tua keju makin baik ), minyak jelantah, kuning telor asin atau pakai saja otak binatang, seperti ayam..... Jadi rupanya keunggulan butter, keju atau telur asin itu bukan dari aromanya, tapi dari asam butiratnya.
READ MORE - STRUKTUR UMPAN SERI 2 - TRANQUILIZER

STRUKTUR UMPAN SERI 1 - APETISER


Berikut ini adalah bahan-bahan yang mengandung zat Apetiser :
- Bawang, baik bawang putih ( garlic ) dan bawang merah. Bahan ini menghasilkan minyak atsiri yang sifatnya sangat mudah menguap dan aroma atau atraktan-nya khas. Sifat dari bawang yang mudah menguap sangat perlu diperhatikan sebab bisa membeku atau tidak menyebar dalam air ( fungsi pendispersi tidak akan berjalan ) apabila digunakan untuk umpan di malam hari ketika suhu air < 28 derajat Celsius. Agar aroma tetap bisa menyebar dan tidak membeku perlu ditambahkan zat pendispersi golongan alkohol atau derivatnya. ( jenis & ukuran pemakaian baca pada bahasan tentang Pendispersi )
READ MORE - STRUKTUR UMPAN SERI 1 - APETISER

MENGENAL STRUKTUR UMPAN TOMBRO


Umpan merupakan hal utama yang sangat perlu diperhatikan apabila kita ingin menjadi juara dalam sebuah turnamen mancing atau galatama. Dalam meramu umpan ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan, bukan sekedar mencampur bahan satu dengan lainnya hingga menghasilkan bentuk, rasa dan aroma tertentu.Mungkin sebagian diantara kita pernah mengalami hal ini, dimana kita merasa yakin bahwa umpan yang kita buat atau sudah sangat bagus, namun begitu masuk ke dalam air kolam kita kecewa karena ternyata umpan kita jarang disambar atau malah tidak sedikitpun diendus Tombro, Apa yang salah?...
READ MORE - MENGENAL STRUKTUR UMPAN TOMBRO

KUMPULAN UMPAN GALATAMA PATIN SERI 1

Pembuat : Hardididito
Umpan I
Bahan2 :
Pasta strawberry secukupnya
Pasta jeruk keprok secukupnya
essence cocopandan 10 tetes
essence durian 8tetes
essence belimbing 10tetes
essence seafood 8tetes
essence tenggiri 8tetes
nilam 2tetes
air 1/2 gelas aqua + sagu 1 1/2 sendok makan muncung.

READ MORE - KUMPULAN UMPAN GALATAMA PATIN SERI 1

MENGENAL LEBIH DEKAT TENTANG PLUG




Plug secara umum punya pengertian umpan tiruan, bahan atau materialnya bisa dari jenis kayu, plastik, metal, atau perpaduan beberapa material tersebut. Plug dibuat sedemikian rupa serta dalam ukuran dan berat tertentu hingga menyerupai ikan, katak, udang, atau binatang lainnya dan dimaksudkan sebagai umpan mancing.
Plugs adalah jenis umpan tiruan yang sudah sangat popular untuk memancing ikan. Sebagian besar plug digunakan untuk keperluan saltwater  fishing, namun plug juga banyak yang  digunakan untuk freshwater fishing, misalnya di kolam atau Telaga.
READ MORE - MENGENAL LEBIH DEKAT TENTANG PLUG

 
 
 

BELI LURES MURAH DISINI

BELI REEL PIONEER DISINI

BELI REEL PIONEER DISINI
Pioneer Solitaire 7000

About Me

Foto Saya
Cak Endro
Lahir di Kediri, Jawa Timur pada 8 Desember 1977.Secara berkala menulis tentang beberapa hal yang ia minati: hobby mancing, teknologi, buku, pengembangan diri, Motivasi, Spiritual, Kuliner, Travelling dll. Sangat tertarik pada blogging karena adanya kebebasan untuk menyalurkan aspirasi dan minat menulis serta memanfaatkan kesempatan berbagi informasi.
Lihat profil lengkapku