Ikan Tenggiri

Senin, 26 Desember 2011


Tenggiri adalah nama umum untuk sekelompok ikan  yang tergolong ke dalam marga Scomberomorus, suku Scombridae. Ikan ini merupakan kerabat dekat dari ikan tuna, madidihang, dan kembung. Di perairan Indonesia yang termasuk dalam kategori lautan tropis, spesies  tenggiri yang banyak ditemukan adalah tenggiri laki, tenggiri fajar atau wahoo (Acanthocybium solandri) dan juga tenggiri Melayu atau Scomberomorus commerson, yang merupakan spesies terbesar, yang dapat mencapai panjang 220cm.
Ikan tenggiri bertubuh memanjang  dan pipih pada kedua sisinya. Tubuhnya tertutupi sisik kecil dan tipis, dengan warna hijau kebiru-biruan di bagian punggungnya. Moncong ikan tenggiri berbentuk runcing, dengan mulut lebar dan gigi tajam dan kuat di rahang atas maupun bawah. Panjang moncong lebih pendek daripada sisi kepala bagian belakang.
Habitat Ikan Tenggiri
Tenggiri kecil biasanya ditemukan disekitar pulau karang yang kedalamannya hanya beberapa meter. Sedangkan yang lebih besar, biasanya terdapat di daerah sekitar tebing karang dan tubiran, serta daerah dimana sering terdapat tali arus dan bukit di bawah laut (tandes) yang kedalamannya berkisar 50-70m.
Ikan Tenggiri merupakan ikan pelagis yang gemar memangsa ikan lain yang berukuran lebih kecil, tetapi juga kerap menyambar ikan lain yang berukuran lebih besar, dengan terlebih dahulu memotong tubuh mangsanya menjadi dua.
Musim untuk memancing tenggiri umumnya ditandai dengan ledakan populasi ikan-ikan umpan di perairan sekitar lokasi mancing.

Sumber Artikel:
3.Majalah mancing edisi 31/2010, hal 50-51, tips & tehnik.  


0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

BELI LURES MURAH DISINI

BELI REEL PIONEER DISINI

BELI REEL PIONEER DISINI
Pioneer Solitaire 7000

About Me

Foto Saya
Cak Endro
Lahir di Kediri, Jawa Timur pada 8 Desember 1977.Secara berkala menulis tentang beberapa hal yang ia minati: hobby mancing, teknologi, buku, pengembangan diri, Motivasi, Spiritual, Kuliner, Travelling dll. Sangat tertarik pada blogging karena adanya kebebasan untuk menyalurkan aspirasi dan minat menulis serta memanfaatkan kesempatan berbagi informasi.
Lihat profil lengkapku