MENGENAL LEBIH DEKAT TENTANG PLUG

Sabtu, 24 Desember 2011




Plug secara umum punya pengertian umpan tiruan, bahan atau materialnya bisa dari jenis kayu, plastik, metal, atau perpaduan beberapa material tersebut. Plug dibuat sedemikian rupa serta dalam ukuran dan berat tertentu hingga menyerupai ikan, katak, udang, atau binatang lainnya dan dimaksudkan sebagai umpan mancing.
Plugs adalah jenis umpan tiruan yang sudah sangat popular untuk memancing ikan. Sebagian besar plug digunakan untuk keperluan saltwater  fishing, namun plug juga banyak yang  digunakan untuk freshwater fishing, misalnya di kolam atau Telaga.
Dahulunya, Plug terbuat dari bahan potongan kayu yang diserut  secara sederhana hingga menyerupai bentuk ikan. Ide awalnya mungkin kembali ke zaman prasejarah. Namun konsep modern dari umpan plug banyak dikaitkan dengan kisah James Heddon, peternak lebah dari Dowagiac, Michigan, di akhir abad 19. Ceritanya, di suatu hari ia mengerat sepotong kayu sambil bersantai di pinggiran sebuah kolam. Ketika ia bangkit untuk pergi, ia melemparkan potongan kayu yg diukirnya tadi ke dalam kolam, dan ternyata seekor ikan bass yang besar memangsa kayu itu dan membawanya hingga nampak  seperti bergoyang-goyang turun ke dalam air. Penasaran dengan hal ini, Heddon mulai bereksperimen dan menyempurnakan desain plug yang dijulukinya "Lucky 13" - sebuah plug yang masih dijual saat ini. (Artikel :Plug(fishing),Wikipedia, http://en.wikipedia.org/wiki/Plug_%28fishing%29)
Pada awal abad 20, penggunaan plug sebagai alternatif umpan mancing sudah dibaca dan direspon sebagai suatu produk yang bisa dijual, imbasnya banyak berdiri perusahaan yang bergerak di bisnis merancang dan menjual umpan tiruan atau plug ini. Sekarang ini bentuk dan jenis plug sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, bahkan sangat bermacam-macam. Bahan pembuat plug pun kini tidak cuma dari kayu namun juga dari plastik. Sayangnya, plug dari bahan plastik justru kurang bagus dan masih bagusan kayu, contohnya kayu balsa. Kayu punya kelebihan dari sisi seratnya yang punya pori-pori halus dan menyimpan udara, sehingga  sifatnya lebih ringan dan juga efeknya pada gaya plug saat berenang atau di air jadi lebih baik.
Plug sebagai umpan tiruan memiliki bermacam-macam nama dan berbeda-beda di setiap negara. Nama tersebut misalnya crankbait, wobbler, minnow, shallow river dan deep river. Adapun nama-nama plug yang universal dan popular (Artikel : Mengenal Plug,Tabloid Berita Mancing edisi 09, Januari 2011) adalah sebagai berikut:
·         Stick Bait
·         Prop Bait
·         Crawler
·         Chugger
·         Crank Bait
·         Minnow  Plug
·         Vibrating Plug
·         Trolling Plug
·         Jerkbait
Istilah minnow biasanya digunakan untuk umpan berbentuk panjang, ramping, umpan yang meniru baitfish, sedangkan istilah plug biasanya digunakan untuk yang berbentuk lebih pendek, umpan yang bertubuh lebih meniru ikan, katak dan mangsa lainnya. Shallow river dan Deep river merujuk pada kemampuan menyelam dari umpan, yang tergantung pada ukuran dari bibir /penampang dan daya apung umpan.
Semoga artikel ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

BELI LURES MURAH DISINI

BELI REEL PIONEER DISINI

BELI REEL PIONEER DISINI
Pioneer Solitaire 7000

About Me

Foto Saya
Cak Endro
Lahir di Kediri, Jawa Timur pada 8 Desember 1977.Secara berkala menulis tentang beberapa hal yang ia minati: hobby mancing, teknologi, buku, pengembangan diri, Motivasi, Spiritual, Kuliner, Travelling dll. Sangat tertarik pada blogging karena adanya kebebasan untuk menyalurkan aspirasi dan minat menulis serta memanfaatkan kesempatan berbagi informasi.
Lihat profil lengkapku