MENGENAL STRUKTUR UMPAN TOMBRO

Sabtu, 24 Desember 2011


Umpan merupakan hal utama yang sangat perlu diperhatikan apabila kita ingin menjadi juara dalam sebuah turnamen mancing atau galatama. Dalam meramu umpan ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan, bukan sekedar mencampur bahan satu dengan lainnya hingga menghasilkan bentuk, rasa dan aroma tertentu.Mungkin sebagian diantara kita pernah mengalami hal ini, dimana kita merasa yakin bahwa umpan yang kita buat atau sudah sangat bagus, namun begitu masuk ke dalam air kolam kita kecewa karena ternyata umpan kita jarang disambar atau malah tidak sedikitpun diendus Tombro, Apa yang salah?...

Sistem sensoris tombro, dan juga jenis ikan lainnya diduga jauh mengungguli manusia, termasuk kepekaannya terhadap zat-zat kimia. Oleh karena itu dalam membuat umpan selanjutnya kita perlu untuk mengenal, memilih, mengumpulkan, meng-kombinasikan bahan-bahan umpan sesuai dengan struktur zat-zat kimia yang terkandung di dalamnya, sehingga dapat menghasilkan komposisi yang ideal, baik dari bentuk, rasa, aroma dan juga fungsinya.
Berikut ini adalah zat & fungsinya yang semestinya ada didalam umpan :
1.      Apetiser, yaitu golongan zat kimia yang berfungsi sebagai perangsang nafsu makan ikan.
2.   Tranquilizer, yaitu golongan zat kimia yang bisa mempengaruhi sistim saraf ikan atau sebagai zat penenang.
3.   Pendispersi, yaitu golongan zat kimia yang bertugas untuk menyebarkan serpihan bentuk, rasa atau aroma umpan didalam air sehingga bisa dideteksi oleh ikan.
Sumber artikel dari Fishyforum.com, thread sdr. Regan. Silahkan klik disini untuk melihat versi aslinya

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

BELI LURES MURAH DISINI

BELI REEL PIONEER DISINI

BELI REEL PIONEER DISINI
Pioneer Solitaire 7000

About Me

Foto Saya
Cak Endro
Lahir di Kediri, Jawa Timur pada 8 Desember 1977.Secara berkala menulis tentang beberapa hal yang ia minati: hobby mancing, teknologi, buku, pengembangan diri, Motivasi, Spiritual, Kuliner, Travelling dll. Sangat tertarik pada blogging karena adanya kebebasan untuk menyalurkan aspirasi dan minat menulis serta memanfaatkan kesempatan berbagi informasi.
Lihat profil lengkapku