NGONCER JENG RIRI

Selasa, 27 Desember 2011



Ngoncer merupakan teknik yang paling banyak dipakai untuk mancing ikan tenggiri. Jenis umpan yang biasa dipakai untuk ngoncer biasanya ikan hidup, seperti tembang, selar atau como. 
Biasanya trip mancing tenggiri diawali dengan terlebih dahulu memancing ikan umpan dengan rangkaian pancing kotrek yang bermata kail banyak. Ikan umpan yang paling pas untuk ngoncer tenggiri umumnya berukuran sejengkal tangan. Ikan umpan yang didapat, dikumpulkan dan dipelihara di tampungan umpan yang memiliki pompa sirkulasi agar tetap hidup dan gesit gerakannya. Apabila tidak ada tempat penyimpanan umpan hidup bisa juga disiasati dengan  memakai keranjang yang diikatkan ke perahu sehingga ikan umpan bebas hidup.
Ketika ikan umpan sudah didapat dan dirasa cukup banyak, trip dilanjutkan menuju spot mancing. Lokasi yang ideal biasanya di daerah pulau karang dengan kedalaman hanya beberapa meter, namun untuk bobot yang lebih besar biasa ditemukan di tebing karang atau tubiran dimana sering terjadi tali arus atau bukit dibawah laut (tandes) dengan kedalaman 50 hingga 70 meter.
Dalam ngoncer, ikan umpan bisa langsung dipasang di mata kail dan diturunkan, atau bisa pula dengan tambahan bantuan balon, plastik, atau bola supaya umpan hanyut terbawa arus dengan leluasa. Pada rangkaian pancing bisa ditambahkan tali ujung dari kawat baja tunggal nomor 24-28 atau kawat serabut baja kelas 15-24 kg. Penggunaan kawat baja ini berguna untuk mengantisipasi gigi tenggiri yang terkenal sangat tajam dan kebiasaan tenggiri dalam menyambar umpan yang umumnya dari arah samping atau belakang. Kawat baja ini terbukti mampu menahan ketajaman gigi dan keganasan sambaran tenggiri, sehinga pemancing tidak perlu was-was senar/kenurnya akan putus.
Untuk memburu tenggiri diperlukan persiapan perangkat yang sesuai agar sensasi strike-nya lebih terasa untuk dinikmati. Khusus bobot ikan dibawah 5 kg pearangkat yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:
  • Joran, jenis light spinning dengan panjang 180-220cm, bahan grafit 2 pieces. Pilih joran kelas 2-4 kg yang melengkung dari tengah hingga ujung atau yang melengkung di ujungnya saja dengan kelas 6,5 kg - 10 kg.
  • Reel, model spinning dengan 2-12 ball bearing logam anti karat. Lebih bagus lagi bila wadah dan spool-nya terbuat dari grafit. Ukuran reel sebaiknya sama dengan ukuran kelas kenur/senar, bisa juga naik satu kelas diatas ukuran kenur/senar.
  • Kenur/senar, lebih aman bila menggunakan jenis Monofilament yang IGFA test kelas 8 lbs - 20 lbs. Semakin kecil kenur akan semakin bagus untuk mengajar namun diperlukan kelihaian. Sedangkan pemakaian nylon PE kurang lazim untuk tehnik koncer dan lebih banyak digunakan untuk popping atau jigging.
  • Tali ujung, gunakan kawat baja tunggal nomor 24-28 atau kawat serabut baja kelas 15-24 kg.
  • Rangkaian pancing, sebaiknya gunakan jenis gang hook atau dua kail. Dipasaran tersedia merk SureCatch gang hook rig dengan 2 atau 3 mata kail.
Kini anda sudah siap berburu jeng Riri. Selanjutnya Selamat menikmati sensasi strike-nya.
Semoga bermanfaat


Sumber Utama: Tabloid Berita Mancing edisi 12 April 2011, judul : memburu tenggiri dengan teknik koncer

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

BELI LURES MURAH DISINI

BELI REEL PIONEER DISINI

BELI REEL PIONEER DISINI
Pioneer Solitaire 7000

About Me

Foto Saya
Cak Endro
Lahir di Kediri, Jawa Timur pada 8 Desember 1977.Secara berkala menulis tentang beberapa hal yang ia minati: hobby mancing, teknologi, buku, pengembangan diri, Motivasi, Spiritual, Kuliner, Travelling dll. Sangat tertarik pada blogging karena adanya kebebasan untuk menyalurkan aspirasi dan minat menulis serta memanfaatkan kesempatan berbagi informasi.
Lihat profil lengkapku