STRUKTUR UMPAN SERI 2 - TRANQUILIZER

Sabtu, 24 Desember 2011


Zat yang bisa mempengaruhi urat saraf untuk ikan tombro bisa didapatkan dari bahan-bahan berikut ini :
- Asam butirat. Asam butirat itu golongan asam lemak yang baunya 'tengik'. Bisa didapat dari butter (yang top merk Weisjman), keju ( makin tua keju makin baik ), minyak jelantah, kuning telor asin atau pakai saja otak binatang, seperti ayam..... Jadi rupanya keunggulan butter, keju atau telur asin itu bukan dari aromanya, tapi dari asam butiratnya.

- Yeast atau ragi... ini memakai golongan mikroorganisme untuk fermentasi (peragian) yang akan memecah karbohidrat menjadi gula sederhana dan alcohol, dan bisa mengubah lemak menjadi asam butirat, hanya waktu yang perlu untuk reaksi ini lebih lama. Di Barat, saat mengolah bahan dari golongan partikel, seringkali direndam dulu minimal 12 jam supaya terjadi rekasi fermentasi dahulu....Ini juga bisa jadi keterangan sehingga umpan-umpan yang disimpan lama sering menjadi lebih bagus, mungkin ada fermentasi yang membuat gula, alkohol dan butirat.
- Soda kue dan baking powder, ini zat kimia golongan basa. Basa ini akan bereaksi dengan golongan asam membentuk sabun. Sabun bisa menyerap aroma dan akan membentuk emulsi dengan air. Maka saat tersebar dari umpan, akan membentuk daya tarik di sekitar umpan, berbeda dengan minyak yang segera mengapung karena berat jenisnya lebih ringan dari air. Maka ada baiknya jika golongan minyak direaksikan dulu dengan soda kue atau baking powder, pemakaiannya sedikit saja, paling-paling sekitar 1 gr.
- Golongan alkohol, misalnya glikol dan gliserol. Ini juga seperti sabun, dapat menyerap aroma dan membentuk daya tarik. Glikol ada beberapa macam, tetapi yang bisa dipakai untuk umpan ialah propilen glikol dan mungkin hexilen glikol. Pakainya paling-paling 1 cc untuk 100 gr umpan. Glikol ini dicampur dulu dengan aroma yang kita mau, bisa pakai bahan asli atau bibit essence.
Glikol lain... metilen glikol bersifat racun, jadi jangan dipakai. Metilen glikol dipakai untuk antifriksi pada pelumas oli kendaraan,

- Feromone, jika di binatang menyusui, feromone ialah zat yang dikeluarkan dari kelenjar keringat. Efeknya luar biasa, misalnya ada anjing betina sedang subur, maka feromone yang dibuatnya bisa membuat gelisah anjing jantan yang kilometeran jauhnya.
Ikan mas juga mempunyai feromone, malah Prof Sorensen menemukan ada 6 macam feromone ikan mas yang efeknya beda-beda. Mulai dari perangsang makan sampai dengan pertanda ada bahaya. Di Indonesia... campuran yang mengandung feromone ikan ialah Halco. Halco ada 2 macam yaitu untuk saltwater (biru) dan freshwater (hijau). Yang bagus untuk tombro justru yang biru.... mungkin yang hijau itu untuk ikan predator di air tawar.






Sumber artikel dari Fishyforum.com, thread sdr. Regan. Silahkan klik disini untuk melihat versi aslinya


5 komentar:

NDHEX'S mengatakan...

Mas minta umpan dasaran yg bagus buat campuran helco saya punya halco yg frerhwater .

athejank.lathe@gmail.com mengatakan...

oh..jadi itu alasanya semua umpan putih selalu berbahan dasar kKEJU, SUSU.dan TELUR. ternyata ASAM BUTIRAT yah yang mempengaruhi sarap ikan bukan bau amisnya , pantes aja kalo di kasih umpan yang terlalu amis ikan malah kabur...

thank yah sob..!!!

thanks for the information you provide this time is very helpful for us


Essen Pengumpul Ikan Mas

your information is very motivating to us

https://goo.gl/pCqoT4 || https://goo.gl/VtspeH || https://goo.gl/imsdQM

thank you for all the information you provide is very helpful for us


Umpan Patin Danau Liar

Posting Komentar

 
 
 

BELI LURES MURAH DISINI

BELI REEL PIONEER DISINI

BELI REEL PIONEER DISINI
Pioneer Solitaire 7000

About Me

Foto Saya
Cak Endro
Lahir di Kediri, Jawa Timur pada 8 Desember 1977.Secara berkala menulis tentang beberapa hal yang ia minati: hobby mancing, teknologi, buku, pengembangan diri, Motivasi, Spiritual, Kuliner, Travelling dll. Sangat tertarik pada blogging karena adanya kebebasan untuk menyalurkan aspirasi dan minat menulis serta memanfaatkan kesempatan berbagi informasi.
Lihat profil lengkapku